Jumat, 13 April 2012

definisi metode

Secara etimologis, metode berasal dari kata 'met' dan 'hodes' yang berarti melalui. Sedangkan istilah metode adalah jalan atau cara yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan. Sehingga 2 hal penting yang terdapat dalam sebuah metode adalah : cara melakukan sesuatu dan rencana dalam pelaksanaan.



Berikut ini adalah pengertian dan definisi Metode menurut para ahli:

# ROTHWELL & KAZANAS
Metode adalah cara, pendekatan, atau proses untuk menyampaikan informasi


# TITUS
Metode adalah rangkaian cara dan langkah yang tertib dan terpola untuk menegaskan bidang keilmuan.


# MACQUARIE
Metode adalah suatu cara melakukan sesuatu, terutama yang berkenaan dengan rencana tertentu


# WIRADI
Metode adalah seperangkat langkah (apa yang harus dikerjakan) yang tersusun secara sistematis (urutannya logis)


# DRS. AGUS M. HARDJANA
Metode adalah cara yang sudah dipikirkan masak-masak dan dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu guna mencapai tujuan yang hendak dicapai


 
(indahf/Carapedia)


Pencarian Terbaru (100)
Pengertian metode. Pengertian metode menurut para ahli. Definisi metode. Pengertian metodologi. Pengertian metode pembelajaran menurut para ahli. Metode adalah. Pengertian teknik.
Definisi metodologi. Arti metode. Pengertian logika menurut para ahli. Pengertian surat menurut para ahli. Definisi model pembelajaran menurut para ahli. Definisi metode menurut para ahli. Metode menurut para ahli.
Pengertian metodologi menurut para ahli. Definisi logika menurut para ahli. Definisi teknik. Pengertian memasak. Definisi metode pembelajaran menurut para ahli. Defenisi metode. Pengertian pendekatan menurut para ahli.
Arti metodologi. Pengertian metodelogi. Pengertian metode pembelajaran. Pengertian teknik menurut para ahli. Pengertian metoda. Metode mengajar menurut para ahli. Logika menurut para ahli.
Pengertian teknologi menurut para ahli. Pengertian metode sejarah. Pengertian model pembelajaran menurut ahli. Definisi teknologi menurut para ahli. Pengertian metode menurut ahli. Metodologi menurut para ahli. Pengertian surat menurut beberapa ahli.
Metode definisi. Pengertian surat menurut ahli. Pengertian logika menurut ahli. Definisi teknik menurut para ahli. Metode drill menurut para ahli. Pengertian metodologi sejarah. Definisi strategi pembelajaran menurut para ahli.
Teknologi menurut para ahli. Definisi pendekatan menurut para ahli. Pengertian metode menurut beberapa ahli. Pengertian metode keilmuan. Pengertian teknologi menurut beberapa ahli. Devinisi metode. Pengertian logika menurut aristoteles.
Pengertian metode dan metodologi. Pengertian metode pembelajaran menurut ahli. Arti kata metode. Metode teknologis. Definisi teknik pembelajaran menurut para ahli. Arti metode menurut para ahli. Pengertian pendekatan historis.
Pengertian teknologi menurut ahli. Definisi metodologi menurut para ahli. Pengrtian metode. Pengertian metode drill menurut para ahli. Metode. Pengertian metode adalah. Pengetian metode.
Definisi surat menurut para ahli. Pengertian logika. Pengertian methode. Defenisi metodologi. Pengertian dari metode. Penertian metode. Arti logika.
Metode menurut ahli. Pengertian pendekatan menurut beberapa ahli. Defenisi metode menurut para ahli. Metode pengajaran menurut para ahli. Pengertian tehnik. Definisi logika. Pengertian metode dan teknik.
Pengertian tekhnik. Pengertian pendekatan pembelajaran menurut beberapa ahli. Teknik menurut para ahli. Istilah metode. Pengertian metedologi. Pengertian metode teknologis. Arti metode pembelajaran.
Definisi metoda. Pegertian metode. Metode pengertian. Pengertian masak. Pengertian dari metodologi. Surat menurut para ahli. Defenisi model pembelajaran menurut para ahli.
Definisi metodelogi. Pengerian metode. Pengertian logika menurut beberapa ahli. Arti dari metode. Pengertian%20metode. Definisi metode pembelajaran menurut ahli. Definisi model menurut para ahli.
Apa arti metode. Metodologi pengajaran menurut para ahli.

Definisi / pengertian metode pembelajaran menurut beberapa ahli. Pendidikan memegang peran penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkaualitas. Oleh karena itu, pendidikan hendaknya dikelola, baik secara kualitas maupun kuantitas. Hal tersebut bisa tercapai apabila siswa dapat menyelesaikan pendidikan tepat pada waktunya dengan hasil belajar yang baik. Hasil belajar seseorang, ditentukan oleh berbagai faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar seseorang yaitu, kemampuan guru (profesionalisme guru) dalam mengelola pembelajaran dengan metode-metode yang tepat, yang memberi kemudahan bagi siswa untuk mempelajari materi pelajaran, sehingga menghasilkan pembelajaran yang lebih baik.

Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya: (1) ceramah; (2) demonstrasi; (3) diskusi; (4) simulasi; (5) laboratorium; (6) pengalaman lapangan; (7) brainstorming; (8) debat, (9) simposium, dan sebagainya.
Menurut Nana Sudjana (2005: 76) metode pembelajaran adalah, “Metode pembelajaran ialah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran”. Sedangkan M. Sobri Sutikno (2009: 88) menyatakan, “Metode pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan”.

Berdasarkan definisi / pengertian metode pembelajaran yang dikemukakan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran merupakan suatu cara atau strategi yang dilakukan oleh seorang guru agar terjadi proses belajar pada diri siswa untuk mencapai tujuan. Benny A. Pribadi (2009: 11) menyatakan, “tujuan proses pembelajaran adalah agar siswa dapat mencapai kompetensi seperti yang diharapkan. Untuk mencapai tujuan proses pembelajaran perlu dirancang secara sistematik dan sistemik”. Banyak metode yang digunakan seorang guru dalam pembelajaran passing bawah bolavoli, antara lain dengan menggunakan metode pembelajaran inovatif dan konvensional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar